Bintang

"Dari Desa, Oleh Desa Untuk Desa"

Rabu, 11 Mei 2011

PROFIL PPAD

Profil PPAD:

PPAD(Persatuan Pelajar Padang) Merupakan Organisasi anak di tingkat desa yang mana sebagai wadah untuk Menampung Aspirasi dan sebagia media untuk pengembangan potensi dan bakat yang di miliki oleh anak.

Sejarah Berdirinya PPAD:

PPAD lahir berawal dari sebuah mimpi beberapa anak – anak desa yang saat itu kegiatan kami cuma ngumpul, maen dan tidak ada manfaat yang dirasakan.Waktu itu kami belum berfikir untuk membentuk sebuah oraganisasi, akan tetapi lama-kelamaan salah satu dari kami melihat kondisi anak-anak, khususnya desa padang yang memperihatinkan. Dalam arti anak-anak memiliki banyak potensi dan bakat yang terpendam, maka dari situlah kami berinisiatif untuk membentuk sebuah organisasi dengan harapan kami dapat mencurahkan segala potensi dan bakat yang selama ini terpendam dan agar dapat terexplore melalui sebuah wadah organisasi.

Dulu kami Hanya berjumlah 5 anak dan setelah semua sepakat untuk membuat sebuah organisasi dari situlah kami terus semangat untuk mengembangkan oraganisasi yang telah kami bentuk. Sebut Saja PPAD kependekan dari “Persatuan Pelajar Anak Padang” Organisasi ini lahir pada 17 Agustus 2006 di Desa Padang Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan kebetulan bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia. Memang sengaja peresmian di samakan hari itu, tujuannya agar semangat anak-anak padang sama sepeti semangat para pahlawan pada jaman dulu yang telah membentuk Negara Indonesia. Secara resmi PPAD berdiri, namaun peresmian ini dapat di katakan belum seperti selayaknya organisasi yang formal pada umumnya. Karena pada saat itu kami belum menggandeng dengan pemdes. Disamping itu, yang paling membanggakan bahwa berdirinya PPAD tanpa ada campur tangan dari orang dewasa. Organisasi ini terbentuk benar- benar murni dari pemikiran anak sendiri.
Generasi pertama yang melopori PPAD di Ketuai oleh Mas Muat dari Dusun Paras, waktu itu semangat dan respon anak – anak padang sangat luar biasa. Dapat di lihat dari antusias mereka untuk bergabung bersama dengan PPAD. Kami selaku Pengurus proide pertama melihat perkembangan tersebut terus berinofasi dan mulai memikirkan kegiatan – kegiatan untuk mengisi waktu saat kumpul. Banyak kegiatan yang telah kami rencanakan, namun dengan berjalannya waktu mulai sedikit ada masalah karena kegiatan yang sudah di rencanakan banyak yang tidak terrealisasi.


Kami merasa membutuhkan seorang pendamping, yang mana fungsinya untuk di mintai saran dan bimbingan agar organisasi kami dapat berjalan dengan lancar. Alhmdulilahnya kami mendapat seorang pendamping orang dewasa yang kebetulan kakanya dari salah satu pengurus PPAD, Namanya Mas Trinoto biasa akrab di panggil mas Tri. Dari dia Oragnisasi yang kita dirikan bisa lebih terarah dan terprogram. Selain itu pendamping kita ini sangat baik hati, dia memberikan ijin untuk menjadikan rumahnya menjadi basecamp untuk tempat kami berkumpul, kami sangat senang sekali karena sebelumnya kita belum memiliki tempat untuk berkumpul.
Sebelumnya organisasi kami belum mempunyai struktur organisasi secara benar, setelah oragnisasi kami benar-benar kelihatan solid, dari situ pengurus yang di pimpin oleh mas Muat berinisiatif untuk membuat struktur yang benar dengan memiliki Visi dan Misi serta memiliki program kerja yang jelas. Akhirnya rencana itu bisa terlaksana diawali pembentukan struktur kemudian Visi dan Misi.


Adapun Visi Kami adalah : “Mendorong anak-anak agar mempunyai semangat belajar, berpendidikan dan mengembangkan bakat serta potensi yang ada dalam diri anak, menjadikan anak untuk berani, aktif dan kreatif melalui organisasi.”
Dan Misi kami adalah : “Menciptakan kesempatan bagi anak agar dapat mengaktualisasikan potensi diri secara optimal guna mengembangkan imajinasi dan daya fakir melaui belajar dan bermain dengan sarana oraganisasi.”

Selain Visi dan Misi kami juga memiliki selogan untuk membangkitkan semangat kami di saat lagi kurang semangat. Sederhana sih, tapi memiliki makna dan filosofi yang tinggi bagi kami. Bunyinya BBA kepanjangannya adalah “Bertanggung jawab Berani dan Aktif” tiga kata ini yang menjadikan semangat kami bisa kembali di saat semua fikiran sedang down dan lagi buntu.

PPAD saat ini sudah menjalani 3 periode atau 3 kali ganti masa kepengurusan. Pengurusan pertama di ketuai oleh Mas Muat, kedua oleh Mas Juni, dan saat ini di ketuai oleh Mas Margo. Banyak kisah yang mengiringi jalannya PPAD, baik senang maupun susah. Semuanya adalah berkat kerjasama dari semua anggota dan pengurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar